Tutorial - Cara Memperbaiki Windows Defender Error 0x8007139f pada Windows 10 dan Windows 11

  • Deviant Design Merupakan Layanan Jasa Desain dan Social Media Management Yang Mempunyai Pusat Di Jember. Dengan layanan yang murah, cepat dan pastinya dengan kualitas kelas atas. Mampu mengatur segala kebutuhanmu dalam mengelola social media.

 


Apabila saat anda mencoba menjalankan scan Windows Security dalam perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, namun scan antivirus gagal & anda mendapat error code 0x8007139f, maka artikel kali ini dimaksudkan buat membantu anda menggunakan solusi buat mengatasi kasus tersebut. Saat anda mengalami kasus ini, anda akan mendapat pesan error lengkap misalnya berikut dibawah ini.

Windows Defender

The scan couldn’t be started.

The group or resource is not in the correct state to perform the requested operation.

Click Help for more information about this problem.

Error code: 0x8007139f



Demikian pula, waktu anda mengalami perkara ini, anda mungkin menerima pesan error misalnya dibawah ini menjadi gantinya.


Windows Defender

The service couldn’t be started.

The group or resource is not in the correct state to perform the requested operation.

Click Help for more information about this problem.

Error code: 0x8007139f



Penyebab generik terjadinya error ini lantaran permasalahan Windows Defender menggunakan aplikasi keamanan pihak ketiga yang diinstall dalam PC Windows anda. File system yang rusak pula bisa memicu terjadinya error ini.

Tutorial Cara Memperbaiki Windows Defender Error 0x8007139f

Apabila anda menghadapi kasus ini, maka anda bisa mencoba saran berikutini buat memperbaiki error Windows Defender menggunakan error code 0x8007139f, dimana dinyatakan bahwa scan atau service tidak bisa dimulai lantaran class atau resource nir pada kondisi yang sahih buat melakukan operasi yang diminta. Sebelum anda mencoba solusi pada bawah ini, periksa update & install bit yang tersedia dalam perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda & lihat apakah error ada balik  ketika anda mencoba melakukan scan. Anda jua bisa secara spesifik menilik & mengupdate definisi Windows Security & mencoba menscan balik . apabila error terus ada, maka lanjutkan menggunakan solusi pemugaran dibawah ini.

1. Menjalankan Scan SFC dan DISM

Apabila anda mempunyai arsip system yang rusak, maka anda mungkin mengalami error Windows Security menggunakan error code 0x8007139f ini.

SFC & pula DISM merupakan utilitas pada Windows yang memungkinkan pengguna buat menscan kerusakan dalam arsip system Windows & lalu memperbaiki arsip yang rusak secara ototmatis. Untuk itu lakukan hal ini menggunakan membaca artikel aku  mengenai cara scan & memperbaiki arsip system Windows yang rusak.

2. Nonaktifkan atau Uninstall Software Keamanan Pihak Ketiga (jika ada)

Firewall & antivirus krusial buat keamanan system anda, namun terkadang acara ini bisa mengganggu fungsi normal PC Windows anda & mengakibatkan keluarnya error ini.

Dalam hal ini, buat memperbaiki perkara ini, pertama-tama nonaktifkan ad interim perangkat lunak keamanan pihak ketiga yang diinstall dalam perangkat anda. Umumnya, buat menonaktifkan perangkat lunak antivirus anda, cari ikonnya pada area notifikasi atau system tray pada taskbar, lalu klik kanan ikon & pilih opsi buat menonaktifkan atau keluar berdasarkan acara.


Setelah dinonaktifkan, coba scan pulang & apabila kasus berlanjut, anda mungkin wajib  menguninstall seluruh acara antivirus pihak ketiga berdasarkan PC anda memakai removal tool spesifik buat menguninstall seluruh file yang terkait menggunakan acara antivirus anda. Apabila solusi ini tidak berhasil buat anda, coba solusi berikutnya.

3. Periksa Windows Defender Service

Solusi ini mengharuskan anda buat mempelajari apakah Windows Defender Service berjalan pada perangkat Windows anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini buat melakukannya.
  • Tekan tombol Win + R, lalu ketik services.msc & tekan Enter buat membuka Services.
  • Di ventilasi Services, temukan & klik dobel dalam Microsoft Defender Antivirus Service pada panel kanan.


  • Di ventilasi properties, bila service nir berjalan, maka klik Start. Pastikan bahwa opsi pada bawah sajian Startup type diatur ke Automatic. Konfirmasikan kotak obrolan apapun yang mungkin timbul ketika membarui startup type.


  • Setelah itu keluar berdasarkan ventilasi Services & restart PC anda.

Saat booting, jalankan balik  scan Windows Security anda. apabila perkara masih belum terselesaikan, coba solusi berikutnya.

4. Menjalankan Windows Security dari Command Prompt

Solusi ini mengharuskan anda buat menjalankan Windows Security menurut Command Prompt & melakukan scan menurut sana. apabila ini tidak berhasil, anda bisa mendownload & menjalankan perangkat lunak AntiVirus pihak ketiga (menggunakan perkiraan anda belum menginstalnya) atau anda bisa mencoba solusi berikutnya.

5. Cara Me-Reset Key Registry Windows Security

Solusi ini mengharuskan anda buat memperbaiki key registry Windows Security dalam PC Windows 10 atau Widows 11 anda. Lantaran ini merupakan operasi registry, maka aku  menyarankan anda buat membackup registry atau menciptakan system restore point menjadi tindakan pencegahan yang diperlukan. Setelah selesai, anda bisa melanjutkan menjadi berikut.

  • Download arsip zip ResetKeyRegistryWindowsSecurity.
  • Kemudian ekstrak arsip zip tersebut.
  • Klik dobel dalam arsip ResetKeyRegistryWindowsSecurity.reg buat menggabungkannya ke registry



  • Apabila diminta, klik Run - Yes (UAC) - Yes - OK buat mengkonfirmasi penggabungan key registry.

Setelah melakukannya, anda kini   bisa mencoba scan kembali. Seharusnya, kali ini error akan berhasil diselesaikan. Anda jua lalu bisa mereset Windows Security menjadi langkah pemugaran tambahan.

Semoga keliru satu solusi ini wajib  bekerja buat anda! Anda lalu bisa membaca artikel aku  lainnya mengenai cara ''membajak'' Windows Defender buat menaikkan level proteksi pada Windows 10 atau cara nonaktifkan Windows Defender secara tetap pada Windows 10.

Sekian tutorial kali ini. Semoga berguna & membantu anda pada memperbaiki Windows Defender error 0x8007139f pada Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini buat membuatkan pemikiran dan pengalaman anda pada mengikuti tutorial ini.

Artikel Terbaru